shadow
  • Kampus STMIK Himsya Semarang

PKM Usaha Mikro Olahan Pangan di Kelurahan Bendan Ngisor Kecamatan Gajah Mungkur dan di Kelurahan Purwodinatan Kecamatan Semarang Tengah Kota Semarang, Propinsi Jawa Tengah

Kemajuan teknologi berpengaruh terhadap berbagai aktivitas. Perkembangan internet di era jejaring saat ini, memberikan peluang kepada para pengusaha mikro untuk memasarkan produk dan jasa mereka melalui media online untuk kedepannya akan semakin diminati masyarakat. Keberadaan media pemasaran online, telah menjadi salah satu pangsa pasar yang menjanjikan bagi usaha mikro untuk memperluas dan memperkenalkan hasil produksi. Salah satu upaya untuk pemasaran secara luas serta mengelola proses bisnis usaha mikro, perlu adanya pengembangan keterampilan dan kreativitas di bidang pemasaran online dan manajemen keuangan.

Manajemen proses bisnis yang dilakukan oleh pengusaha mikro di bidang olahan pangan pada “Purnama Jaya” dan “Malika Catering” masih menggunakan model sederhana dan konvensional. Pengembangan pemasaran masih terbatas pada lokasi atau tempat produksi dan penjualan. Keterbatasan tersebut menyebabkan rendahnya omset penjualan dan jumlah income atau pendapatan yang mengalami pasang-surut serta jumlah produksi makanan yang dihasilkan tidak begitu banyak.

Permasalahan yang dialami oleh kedua usaha mikro olahan pangan, diantaranya adalah, yang pertama, pengelolaan keuangan yg masih sederhana, belum adanya pencatatan, masih tercampurnya keuangan usaha dengan keluarga/pribadi, sehingga sulit menghitung omset maupun laba/rugi usaha. Permasalhan kedua, pemasaran masih konvensional, terbatas dari mulut ke mulut, dan ketiga, alat produksi olahan pangan yang dimiliki masih sederhana sehingga jumlah unit produksi yang dihasilkan juga sedikit, akibatnya pendapatan juga sedikit.

Metode pelaksanaan pengabdian yang dilakukan pada Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini, adalah dengan survey dan observasi pada kedua usaha mikro tsb, kemudian dibuat analisis situasi masing-masing usaha dan perancangan sistem, selanjutnya dibuatkan Modul materi yang berisi materi terkait pengelolaan keuangan dan pemasaran online, serta pengoperasian website dan sekaligus uji coba dalam workshop dan pelatihan ketrampilan.

 

Upaya untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan sumber daya manusia mitra Usaha Mikro Olahan pangan dilakukan pendampingan serta  pelatihan / Workshop. Adapun pelatihan yang diberikan berupa pengoperasian web, pelatihan Akuntansi dan membukuan sederhana, Manajemen keuangan, dan Manajemen Pemasaran, sehingga mitra dapat mengelola sendiri manajemen keuangan dan pemasaran produk olahan pangan mereka. Untuk meningkatkan jumlah pengunjung situs dalam rangka menjaring konsumen maka diberikan tips tentang strategi pemasaran secara online. Dengan demikian akan meminimalkan pihak ketiga untuk terlibat dalam proses penjualan.

 

 

Posted in:
Articles by:
Published:
WhatsApp chat